December 30, 2016

5 Skill yang harus dimilik oleh Seorang Blogger

artikel, blogger, tips ngeblog
Seiring perkembangan dunia internet, blogging adalah salah satu aktivitas yang cukup banyak digemari dan diminati saat ini, aktivitas utama blogging adalah mengisi blog secara konsisten dengan artikel yang bermanfaat sehingga blog yang kita miliki berpeluang untuk memiliki banyak pengunjung. Dan ternyata banyak sekali penggemar blogging saat ini, diantaranya anak SMP, SMA bahkan orang dewasa serta orangtua juga pun melakukan blogging, mungkin karena mereka mempunyai tujuan kenapa ini melakukan hal tersebut.

Tujuan tersebut bisa jadi hanya sekedar iseng belaka, mengisi waktu, sebagai hobby, dan bisa jadi juga ingin menghasilkan uang, itu semua tergantung diri sendiri bagaimana mereka mengelola blog mereka sendiri. Tetapi jika Anda ingin betul-betul menjadi seorang blogger yang sukses Anda harus berusaha dan bekerja keras karena dalam dunia blogging bisa di katakan cukup sulit.

Oleh karena itu semuanya perlu pengorbanan, waktu dan tenaga serta yang menjadi modal dasar kita untuk menjadi seorang blogger adalah memliki skill atau kemampuan tentang dunia internet dan komputer. Kenapa harus internet dan komputer? Ya, karena dua hal tersebut saling berhubungan dan merupakan hal yang paling dasar untuk mempelajari dunia blogging. Terus apa saja skill yang harus dimiliki oleh seorang blogger? Untuk mengetahui hal tersebut silahkan baca di bawah ini.


Skill yang harus dimiliki seorang blogger

Berikut 5 skill yang harus dimiliki oleh seorang blogger sebagau salah satu upaya untuk menjadi blogger professional dan sukses.

Bisa mengotak-atik komputer

Skill pertama yang harus dimiliki oleh seorang blogger adalah bisa mengota-atik komputer dalam artian Anda mampun menggunakan komputer. Ini merupakan salah satu yang paling dasar untuk ngeblog karena di dalam dunia internet dan blog termasuk dalam unsur kategori internet maka tidak akan lepas dari yang namanya komputer dengan pemahaman dan kemampuan komputer yang baik merupakan titik awal dan bekal untuk memulai menjadi seorang blogger. Tetapi yang diutamakan kemampuan dasar komputer adalah mampu mengetik cepat dan setidaknya bisa mengoperasikan komputer.

Bisa menggunakan Internet

Point kedua adalah bisa menggunakan yang namanya internet. Point kedua ini kita dituntut mampu menggunakan internet karena internet merupakan segala seuatu yang bisa dilakukan di dunia maya untuk berinteraksi sesama manusia baik dekat maupun jauh itu semua bisa dilakukan karena adanya internet. Terutama pada dunia blog, karena blog adalah satu jenis aplikasi web yang disediakan oleh om google, tentu saja untuk berinteraksi. Dan kenapa perlu media internet? Karena dengan adanya hal tersebut Anda bisa memahami dan menggunakan internet untuk mencari tutorial atau tips-tips bagaimana membuat blog, mengelola blog dengan bik, serta memilihara dan mengembangkan blog Anda. Oleh karena itu internet juga sangat di butuhkan dan Anda harus bisa menggunakannya dengan baik juga, jangan disalah gunakan.
.

Bisa Menulis Artikel

Point ketiga adalah seorang blogger harus rajin menulis artikel setiap hari, karena artikel merupakan makanan setiap hari blog kita, oleh karena itu kemampuuan dalam menyusun sebuah tulisan tentu sangat diperlukan dalam dunia blog dan juga artikel yang harus ditulis bukan hasil copy paste dari artikel orang lain melainkan Anda sendiri yang harus menulis artikel tersebut. Di samping itu ketika menulis, tulisan yang Anda buat harus benar-benar yan berkualitas dan original menurut google. Cara membuat artikel yang berkualitas tidak teralu sulit yang penting Anda tau caranya dan perlu banyak ide dan kreatif serta imijinasi dan juga harus diingat sebaiknya Anda menghindari membuat artikel dengan melakukan copy paste jika selalu melakukan hal tersebut yang dan percaya kemampuan Anda dalam menulis artikel akan menurun jadi biasakanlah menulis buatan sendiri, hal itu akan membuat kemampuan Anda dalam menulis artikel akan semakin meningkat. Jadi hindari yang namanya copy paste karena pada akhirnya bisa menyebabkan Anda mendapatkan backlist dari google, dan resiko terbesarnya adalah berakhir di hapusnya blog Anda dari dunia internet.

Bisa Memahami kode template Blog.

Point keempat adalah bisa memahami kode tempalat blog. Blog pada umumnya memiliki framework tersendiri, dibuat agar kode didalamnya mudah untuk di otak atik, sehingga kode blog menjadi semakin dinamis, oleh karena itu setiap penyedia layanan blog memiliki kode khusus agar kode blog lebih sederhana dan mudah untuk dipelajari, tidak umun, tidak standar dan setiap template blog pasti memiliki aturan main kode yang berbeda-beda tergantung penyedia layanan blog tersebut, seperti misalnya, kode template blog berflatform blogspot akan berbeda dengan kode template wordpress dan lain sebagainya. untuk mengatur tata letak blog dan desain tampilan blog kita harus mampu menguasai kode template blog tersebut, untuk kita kombinasikan dengan CSS, html, dan javascript, sehingga apapun yang kita inginkan dan fasilitas apapun yang ingin kita buat bisa kita realisasikan dengan mudah. Di samping jika Anda sudah bisa menguasai kode template blog maka Anda bisa sendiri membuat template blog sesuai keinginan Anda sendiri.

Bisa Memahami SEO (Search Enggine Optimization)

Yang terakhir adalah bisa memahami yang namanya SEO ( Search Engine Optimization). Seo atau optimasi mesin pencari adalah upaya yang kita lakukan sebagai webmaster dalam mengelola sebuah blog atau situs agar mudah ditemukan oleh mesin pencari, ruang lingkup seo terdiri dari dua asepek yaitu seo onpage dan seo offpage, seo onpage optimasi mesin pencari dalam blog atau situs itu sendiri, sedangkan seo offpage adalah optimasi yang dilakukan di luar situs seperti promosi, berburu backlink dan lain-lain, target seo pada intinya adalah agar blog yang kita miliki mudah ditemukan tujuan akhirnya adalah blog memiliki banyak visitor, semakin banyak visitor maka itu adalah sebuah keuntungan bagi kita, salah satu keuntungan yang bisa kita dapatkan adalah uang dengan memonetisasi blog.

Seorang blogger personal yang suka berbagi informasi menarik dan masih belajar dalam hal menulis artikel yang bermanfaat serta berkualitas. Menekuni blogging sejak tahun 2014

4 comments

Nah ini yang saya butuhin, kebetulan baru masuk dunia blogger..

bagus juga gan , tapi yang terakhir tuh agak susah , pesaing makin banyak sekarang

iya gan...SEO penting bgt.,..ane belum menguasai nih

bisa yang terakhir saya masih terus belajar.


EmoticonEmoticon