September 24, 2016

Menulis Fiksi Atau Non Fiksi untuk Blog Pilih Mana?

artikel, blog
FIKA.MY.ID

FIKAl.MY.ID | Dunia blogger ataupun blogwalking tak lepas yang namanya menulis, kenapa? Karena memang  inti dari sebuah blog hanya menulis saja gak ada yang lain, itu menurut pengertian saya dan mungkin saja orang lain tidak sependapat dengan saya tapi itu tidak jadi masalah sih yang jelas blog itu kita di tuntut untuk menulis dan menulis hehehe. Tetapi sebelum kita mulai menulis, ada hal utama yang harus kita pahami. Yaitu bentuk tulisan kita. Secara umum jenis tulisan ada dua yaitu fiksi atau nonfiksi. Nah, silakan Anda pilih yang mana yang Anda sukai. Fiksi atau nonfiksi nih ? Menurut pendapat saya nih, membuat tulisan non fiksi itu cukup menantang dan membutuhkan kerja tapi dijamin tidak stress jika kita melakukannya dengan ikhlas dan tanpa paksaan. 

Sedangkan untuk fiksi itu cukup menantang kreativitas kita. Misalnya dalam menulis cerpen, gimana? Penulisnya pasti menatap notebook atau laptop sambil berhenti sejenak dan melihat sekeliling. Terlepas dari sulit yang mana, tapi dua-duanya asyik dan bisa bermanfaat jika
kita menikmatinya. Sobat, kita bahas lebih jauh ya. Fiksi - Jenis karya tulis yang berisi hal karangan dari imajinasi penulis. Contoh karya fiksi antara lain novel, cerpen yang bergenre khusus. Misalnya cerpen tentang cinta, novel tentang horor. Pokoknya semua yang bersifat karangan dan rekaan penulisnya adalah fiksi. Hingga ebook ini ditulis, masih belum banyak blogger yang blognya berisi mengenai cerpen, novel atau karya fiksi lainnya. Jika kita hubungkan ke blog, akan menjadi tema yang menarik jika blog kita berisi hal mengenai cerpen, novel atau cerita tertentu. 

Untuk itu bagi Anda yang suka membaca dan menulis cerpen tidak ada salahnya terjun ke dunia blogging dan mulai menjadi blogger yang juga sekaligus cerpenis atau novelist di blog Anda. Pasti keren.

Non Fiksi – Jenis karya tulis yang berisi informasi mengenai hal yang nyata dan umumnya dibuat berdasarkan pengalaman atau pengetahuan dari penulisnya. Tujuan membuat karya non fiksi adalah digunakan sebagai bahan pembelajaranbagi orang lain. Untuk blog yang mengusung tema non fiksi sudah banyak sekali di Indonesia,
mulai dari yang membahas tutorial how to, motivasi, pengemangan diri, info produk, katalog bisnis, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang tertarik dan menyukai jenis karya tulis non fiksi, tidak ada salahnya untuk menjadi blogger yang membahas mengenai non fiksi yang Anda sukai.

Baiklah, sekarang silahkan Anda tentukan mana yang Anda sukai dan semua tergantung diri anda.
Menurut saya pilih sesuai minat dan bakat Anda. Tetapi jika tidak ada bakat dan minatnya apa boleh buat, silahkan tulis saja apa adanya yang penting Anda menulis saja dulu, persoalan fiksi ata non fiksi itu gak usah di pikirkan dulu.

Seorang blogger personal yang suka berbagi informasi menarik dan masih belajar dalam hal menulis artikel yang bermanfaat serta berkualitas. Menekuni blogging sejak tahun 2014

10 comments

Aku sendiri lebih ke non fiksi mas :)
Btw, salam kenal ya :)
di tunggu bertamunya :)

hmm, iya pasti rata2 orang memilih non fiksi :)
dan salam kenal juga. terimah kasih atas kunjungannya.

Sepertinya kok saya seperti tidak asing dengan tampilan ini? Heheheh. Maaf, OOT Sesaat.

Jujur, kalo saya sih, lebih suka nulis non fiksi. Karena, kalo fiksi kadang harus membuat kerangka konsepnya bagus. Jika tidak, pembaca akan gampang kecewa karena sudah tau akan di bawa ke mana cerita tersebut.

Cuman, beberapa kali pernah nulis yg Fiksi. Lumayan... respon pemabca banyak yg suka. :)

Btw, salam kenal ya Mas Fikal. Saya izin follow blognya. :)

hehehe gak papa :D

Gitu yach, terimah kasih atas saran dan kunjugannya Mas Heru dan salam kenal juga :). Silahkan

mantap gan dari dulu sampai sekarang hobi saya adalah menulis tapi saya suka nulis non fiksi ...

Kalau aku, fiksi ataupun non fiksi, yang penting tulis :D
www.rahasia-menulis.blogspot.com
www.youtubetrik.com

TErimah kasih gan :), dan silahkan dikembangkan tulisan non fiksinya

hahaha assikk, pemikiran kita sama yang penting nulis aja dulu

Menurut ane sih gan, nulis fiksi sepertinya lebih bagus untuk blog. Karena biar pembaca itu dapat mengimajinasikan tulisan kita tanpa kita minta (secara langsung).


EmoticonEmoticon