March 26, 2015

Tips Sederhana Membangkitkan Motivasi

motivasi
www.fikalnasir.com
Semua orang memiliki kemampuan masing-masing dalam segala hal, tapi itu semua dibutuhkan yang namanya motivasi. Karena dengan adanya motivasi kita bisa mencapai tujuan, di samping itu motivasi sangat penting juga bagi dalam kehidupan sehari-hari. Dan motivasi itu bisa di dapatkan dari mana saja. Bisa dari teman, dari keluarga, sahabt bahkan dari pacar sendiri. Oleh karena itu kita membutuhkan motivasi untuk membangkitkan semangat kita.

Tetapi kemampuan untuk memotivasi diri diperlukan terutama ketika menghadapi permasalahan atau kesulitan dalam hidup. Mungkin setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam memotivasi diri. Mungkin setiap orang memiliki selera yang berbeda. Tapi tujuannya tetap sama, yaitu membuat diri kita tetap bersemangat. Berikut beberapa hal sederhana yang dapat membangkitkan motivasi:

1. Membaca buku motivasi. 
Pertama yaitu membaca buku motivasi. Tentu saja, bukan dengan membaca buku horor atau buku lainnya. Saya menyebutnya dengan makanan mental. Buat saya, membaca itu seperti mengaktifkan beberapa neuron di otak saya. Bahasa kerennya expanding mind. Pikiran terasa lebih lapang dan terbuka. Sehingga ketika kita sedang membaca buku maka akan timbul motivasi dalam diri kita maka perbanyaklah membaca.

2. Mendengarkan musik. 
Entah perasaan saya atau apa, setidaknya dengan mendengarkan musik membuat saya lebih bersemangat. Mungkin irama dalam alunan musik dapat mengatur kembali tatanan perasaan yang mungkin tidak beraturan. Seperti ada energi yang diberikan oleh alunan musik.

3. Mereview kembali tujuan hidup. 
Mungkin hilangnya motivasi itu karena kita terjebak di dalam rutinitas, yang mematikan kreativitas, membuat jenuh dan menimbulkan kebosanan. Mereview kembali tujuan dapat mengingatkan kembali saat kita keluar dari track, atau melakukan hal-hal yang tidak menunjang tujuan hidup.

4. Mandi air hangat. 
Saya menyebutnya dengan relaksasi. Saya merasa air itu memang memiliki kekuatan. Kekuatan kembali untuk membangkitkan kembali saat energi kita habis. Merasakan setiap butir air, merecovery kembali energi-energi yang hilang. Mungkin hal ini bermanfaat untuk orang seperti saya yang terkadang meandi sering terburu-buru.

5. Me time. 
Me time adalah waktu yang kita dedikasikan untuk kita sendiri. Dimana kita kita bisa merefleksikan apa-apa yang ada dalam pikiran dan hati kita. Mendefinisikan kembali masalah-masalah yang sedang kita hadapi. Mencari solusi disaat pikiran kita masih jernih dan tenang. Mengevaluasi kembali pencapaian-pencapaian yang sudah kita raih. Mengkoreksi kembali beberapa sikap dan karakter kita yang kurang baik. mungkin beberapa orang menyebutnya dengan introspeksi dan evaluasi diri.

Demikianlah artikel menarik semoga artikel kali bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa teruslah mencari motivasi dan kembangkan motivasi yang kalian dapat. Dan saya ucapkan terimah kasih

Seorang blogger personal yang suka berbagi informasi menarik dan masih belajar dalam hal menulis artikel yang bermanfaat serta berkualitas. Menekuni blogging sejak tahun 2014

1 comments so far


EmoticonEmoticon