February 25, 2015

Tips Menulis Artikel yang Tepat dan Benar


Di kalangan blogger kita harus rajin menulis artikel agar blog kita banyak di kunjugi oleh pengunjung, tetapi kadang orang malas menulis artikel sehingga kebanyakan mencopas artikel orang lain. Kalau Anda sering mencopas artikel orang lain maka blog Anda akan berkurang pengunjung atau tidak tertarik karena artikel hanya mencopas artikel orang lain. Tetapi gak usah khawatir karena saya akan memberikan tips sederhana yaitu tips menulis artikel yang tepat dan benar. Saya memberikan tips ini agar membantu Anda membuat sebuah artikel. Karena menuli sebuah artikel memerlukan beberapa persiapan yang baik. Walau artikel bukan tulisan yang sangat panjang, akan tetapi kualitas tulisan, isi, dan informasi di dalamnya tetap perlu diperhatikan. Ada beberapa cara menulis artikel yang tepat dan benar yang diharapkan bisa membantu beberapa penulis yang ingin mulai membuat artikel. Cara-cara tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Tentukan tema artikel. 
Tema adalah hal penting yang perlu ada sebelum membuat tulisan. Tema tersebut akan menjadi batas penulisan artikel sehingga artikel tidak akan keluar dari jalur pembahasan. Penulis juga bisa mengetahui hal-hal apa saja yang akan dibahasnya yang berhubungan dengan tema yang telah dipilihnya.

2. Menyertakan kata kunci dalam setiap artikel yang ditulis. 
Kata kunci terutama untuk artikel-artikel yang disebar di dunia maya, akan sangat penting perannya. Kata kunci berhubungan dengan tema tulisan dan yang umum untuk dicari orang. Kata kunci juga bisa disimpan di beberapa titik dalam artikel. Tidak terlalu banyak misalnya cukup tiga atau maksimal lima dalam setiap artikel tergantung dari panjang pendeknya artikel juga.

3. Perhatikan tata kalimat, tata bahasa, dan EYD yang baik. 
Sebuah artikel haruslah berisi tulisan yang baik dari segi tata bahasa dan juga memerhatikan penggunaan EYD yang tepat. Bahasa yang baik dalam artikel juga akan berdampak pada informasi penting yang ada di dalamnya. Penyampaian yang baik dari sebuah artikel akan memberikan kesan yang baik juga bagi pembaca serta pesan yang ingin disampaikan penulis juga bisa sampai dengan baik.

4. Memiliki sumber yang cukup banyak. 
Sebuah tulisan artikel adalah tulisan yang berdasarkan  fakta yang ada. Jadi, isi dari artikel tidak dibuat-buat oleh penulis. Oleh karena itu, seorang penulis yang hendak menulis sebuah artikel, ketika ia sudah menentukan tema tulisan maka segeralah cari banyak sumber tentang tema tersebut. Banyaknya sumber akan membantu penulis untuk membuat sebuah tulisan yang kaya informasi dan hal-hal penting bagi pembacanya.

5. Tidak terdeteksi plagiasi. 
Bagi setiap penulis, kegiatan menulis haruslah bersih dari hal-hal yang berbau plagiasi. Memiliki sumber untuk tulisan artikel memang penting, akan tetapi jangan sampai menjiplak kalimat dari sumber tersebut untuk dijadikan bagian dari tulisan artikel pribadi. Jadikanlah sumber-sumber tersebut sebagai referensi yang kemudian diolah kembali dengan bahasa dan susunan kata yang dibuat sendiri.

6. Membuat artikel yang berhubungan dengan hal-hal yang memang sedang hangat diperbincangkan pada saat tersebut. Biasanya tema-tema yang sedang hangat akan sangat banyak disukai oleh pembaca.

Akan tetapi, ada baiknya untuk membuat sesuatu yang unik dan menarik dari artikel yang dibuat. Hal tersebut agar artikel yang kita tulis tidak menjadi sama dengan artikel lainnya dan pembaca akan lebih tertarik dengan artikel yang kita buat. Cara menulis artikel yang tepat dan benar sebenarnya juga memerlukan keinginan dan niat yang kuat dari penulisnya. Berbagai cara menulis di atas diharapkan bisa banyak membantu para penulis artikel terutama yang baru saja akan mulai menulis.

Demikianlah artikel tentang tips sederhana menulis artikel yang tepat dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian terutama bagi saya dan saya ucapan terimah kasih.

Seorang blogger personal yang suka berbagi informasi menarik dan masih belajar dalam hal menulis artikel yang bermanfaat serta berkualitas. Menekuni blogging sejak tahun 2014

3 comments

tips menulisnya keren juga kang.....saya biasanya berjalan begitu aja kalau nulis paling tentukan tema, udah gitu langsung aja tancap gas...

memang begitu pertama kalau kita mau menulis tapi kita harus memperhatikan beberapa hal yang sperti saya jelaskan

Untungnya sebelum jadi blogger, saya berlatarbelakang seorang penulis. Makanya selalu ada sumber. Berbeda kalau belum terbiasa memang suka melupakannya.

Tulisan memang seperti yang diatas, tapi jangan lupa jiwa dari tulisan itu sendiri. Karena gaya bahasa dan pemilihan kata yang tepat hal itu akan merangsang pembaca lebih merasa enak dan gurih melahap tulisan kita.

Makasih ulasannya sangat mencerahkan.


EmoticonEmoticon