February 24, 2015

Kota Sengkang Adalah Tempat Kelahiranku

kota sengkang adalah tempat kelahiranku

Kota sengkang terlatak di provinsi Sulawesi selatan dan kota sengkang biasanya sering disebut kota sutera karena di kota sengkang tersebut tekenal dengan adanya pembuat sarung sutera. Dan  di kota inilah aku lahir pada tanggal 4 februari 1996, sampai aku dewasa sekarang ini dan umur aku sekarang adalah 19 tahun dan masih berstatus pelajar. Kemudian  aku mempunyai 3 saudara yaitu 1 perempuan dan 2 laki-laki jadi aku 4 bersaudara, semuanya itu lahir di kota sengkang, kecuali kakak aku yang perempuan dan dia adalah anak pertama, kakak aku yang perempuan lahir di kota sidrap di rumah nenek aku tetapi kakakku di besarkan di kota sengkang jadi semuanya tumbuh dewasa di kota sengkang ini. Jadi aku bangga lahir di kota sengkang, karena terkenal dengan adanya pembuat sarung sutera selain itu dikota Sengkang, ada banyak bangunan tua yang dipertahankan, misalnya bangunan Saoraja dan juga banyak rumah-rumah warga yang masih dipertahankan bentuk aslinya seperti rumah panggung yang terbuat dari kayu. Jika dibandingkan dengan kota seperti Makassar atau Sungguminasa(dulunya pusat kerajaan Gowa), maka Kota Sengkang jauh lebih banyak bangunan kayunya.

Di samping itu di kota sengkang inilah aku memulai pendidikan aku, mulai dari TK (taman kanak-kanak) sampai aku tamat pendidikan SMA. Aku mulai TK sejak aku berumur 7 tahun setelah itu aku lanjut masuk SDN selama 6 tahun dan SMP selama 3 tahun selanjutnya SMA selama 3 tahun. Selama aku menjalani pendidikan aku begitu banyak ilmu pengetahuan, pengalaman, dan mendapatkan teman. Aku pun merasa senang, di samping itu di luar pendidikan aku yaitu di kota sengkang ini begitu juga banyak hal-hal baru yang aku  dapatkan dan di kota sengkang ini juga terdapat pantai yang disebut sebagai paduppa dan aku kepanjangan apa hehehe. di sana sangat ramai setiap sorenya karena ada taman  bunga selain itu ada tempat penjual jus dan masih banyak lagi. Yang penting di sana suasananya sangat ramai pada sore hari. Itu lah kenapa aku senang lahir di kotaku ini yaitu kota sengkang kabupaten wajo, provinsi Sulawesi selatan.

Tapi semua orang pasti senang lahir di kotanya masing-masing, meskipun kota berbeda-beda tapi kita harus tetap bangga lahir di dunia ini. Tapi kita hanya hidup di dunia sekali seumur hidup. Adapun Sejarah kota Sengkang sebagai ibukota Wajo adalah sejarah yang terpinggirkan di kalangan orang Bugis karena pada perang Makassar, posisi Wajo memihak Makassar dan bersama-sama melawan VOC. Dalam peperangan itu, posisi Gowa jelas akan kalah melawan air bah kekuatan besar tersebut. Namun, sejarah juga mencatat bahwa tak semua kekuatan Bugis mengumpul di Arung Palakka. Buktinya, Wajo lebih memihak Sultan Hasanuddin dan mati-matian menjaga Hasanuddin.
Itulah tempat kelahiran aku kota sengkang, kabupaten wajo provinsi sulaweso selatan. Oia aku lupa alamat tempat tinggal aku. Alamat di jalan andi macca amirullah biasa disebut sebagai tanapute. Tepatnya di dekat swalayan dewi kartika, pasti kalian tau kan swalayan. Jadi itu sedikit cerita mengenai kota tempat kelahiran aku. Dan semoga artikel bisa membuat termotivasi khususnya bagi saya juga dan saya ucapkan terimah kasih banyak.

Seorang blogger personal yang suka berbagi informasi menarik dan masih belajar dalam hal menulis artikel yang bermanfaat serta berkualitas. Menekuni blogging sejak tahun 2014


EmoticonEmoticon